Fasilitasi Lokakarya Penggalangan Dana Organisasi Rakyat

image

Solo – Kemarin dan hari ini, Yakkum memfasilitasi penyelenggaraan Workshop Penggalangan Dana (fund-raising). Kegiatan ini dilatar-belakangi harapan sustainability ORA – Organisasi Rakyat (CBOs – community based organization) terhadap layanan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat. Pada awalnya ORA ini adalah kelompok masyarakat yang sangat cair yang menjadi mitra Yakkum dan unit – unit UPKM (usaha peningkatan kesehatan masyarakat) di dalam melaksanakan kegiatan pengembangan kesehatan masyarakat di desa-desa.

Kolaborasi dengan ORA ini adalah salah satu strategi pengembangan masyarakat di dalam mendampingi dan memberdayakan masyarakat. Strategi ini menjamin masyarakat sebagai subyek transformasi, bukan obyek. Strategi ini menjadi penting dan strategis ketika kesinambungan program juga menjadi isu dalam kolaborasi ini. Pendampingan suatu lembaga tidak akan selamanya. Supporting NGO International memiliki batasan waktu. Karena itu upaya meningkatkan peran ORA agar dapat mengambil alih peran pendampingan yang dilakukan lembaga, seperti Yakkum.

Untuk menjamin keberlanjutan (sustainability) program, salah satu dimensi penting adalah dana (baik untuk program maupun operasional) dan kapasitas lembaga untuk mengambil alih program tersebut (community managed). Lokakarya ini dimaksudkan untuk itu. Diharapkan agar ORA memiliki kapasitas memadai untuk mmngakses dan menggalang dana publik (lembaga, koorporasi atau individual).

Lokakarya ini diawali dengan assessment ORA terhadap isu ini, input dari narasumber (akademisi dan penggiat pemberdayaan masyarakat). Baru kemudian lokakarya. Di dalam lokakarya ini para peserta ORA dan pendamping saling berbagi pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan dalam penggalangan dana.

Disamping ORA, lokakarya ini juga dihadiri oleh RS unit Yakkum. Penggalangan dana sosial ini juga menjadi isu di RS. Biaya pengobatan dan perawatan pasien dari waktu ke waktu terus bertambah. Tidak mungkin bisa di cover sumber pembiayaan yang ada, seperti Jamkesmas, Jamkesda dan asuransi komersial. Tidak mungkin juga kekurangan biaya ini ditanggung oleh pasien dan keluarga, apalagi kalau miskin. Pilihannya adalah menggalang dana publik untuk mengambil bagian sebagai tanggung jawab sosial masyarakat. ***

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s