Profesional

CD / UPKM RS Bethesda Yogyakarta, (1988-1991). Community Development (CD) atau Usaha Peningkatan Kesehatan Masyarakat (UPKM) adalah salah satu unit kegiatan RS Bethesda Yogyakarta. Unit ini adalah kegiatan ekstra mural (“luar rumah sakit”) yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dalam pelayanan ini, RS “keluar” dari “tembok” atau “dinding” di dalam RS, menemui dan berinteraksi dengan masyarakat untuk mendapatkan derajad kesehatan yang baik dan optimal. Pelayanan ini dipahami sebagai “rumah sakit tanpa dinding”.

Di lembaga ini, debut profesional pertama kali dimulai, dalam arti memiliki kewajiban untuk datang ke kantor pada waktu (hari) tertentu, mengerjakan sesuatu secara sistematis dengan metode tertentu, dan “dibayar” secara rutin. Pertama kali sebagai petugas lapangan untuk mendampingi kelompok masyarakat di daerah Temon (Kabupaten Kulon Progo) dan Giri Mulyo (Kabupaten Gunung Kidul) darin Proyek Gizi Terpadu. Sebelum melaksanakan pekerjaan itu, didahului dengan orientasi dan training tentang pengorganisasian dan pendekatan kepada masyarakat.

Kemudian dipromosikan menjadi Asisten Manager Training terhadap proyek yang sama. Selanjutnya ikut terlibat di dalam proyek-proyek lain sebagai tim kerja. Sebagai Asisten bidang Training, saya mengkoordinasikan secara administratif rancangan kebutuhan dan pengembangan kapasitas manajemen dan masyarakat, yang sekaligus memantau efektifitas pelatihan itu di lapangan. ***

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: