Pendidikan

Masa kecil dan pendidikan sekolah dasar (SD) dihabiskan di Sirombu, selanjutnya sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) di Balige (SLTP Budi Darma), hanya kelas 1. Diteruskan SLTP Bunga Mawar Gunung Sitoli hingga tamat.

Sekolah lanjutan tingkat atas diperoleh di Yogyakarta, yaitu SMA De Britto. Sekolah ini dipimpin oleh Ordo Serikat Yesuit (SY). Dapat dikatakan “warna” pendidikan katolik cukup banyak saya peroleh. Lebih-lebih pada waktu SMA, moto pendidikan “bebas bertanggung jawab” sangat mempengaruhi cara pandang, sikap, dan perilaku sekarang ini.

Pada tahun 1983, saya melanjutkan pendidikan strata-1 (S1) di Fakultas Pertambangan (sekarang Teknologi Mineral) Universitas Pembangunan “Nasional” Yogyakarta. Cukup lama menyelesaika, lulus tahun 1994. Pendidikan pasca sarjana (S2) di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Gajah Mada (UGM), minat pada Manajemen Rumahsakit.

Pendidikan S2 ini yang menjadi dasar dan berkaitan langsung dengan pekerjaan saya sekarang ini di bidang kesehatan. Pendidikan teknik, juga pengaruh, khususnya dalam cara berpikir eksakta dan model pengambilan keputusan. Jadi, walaupun bekerja di bidang kesehatan, pengaruh disiplin ilmu lain juga ada. (***)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: