Profesionalitas, Integritas dan Jejaring

Solo – Dua peristiwa yang perlu dicermati dalam bulan Juni di Indonesia, yaitu dipilih Dr. Nafsiah Mboik sebagai Menteri Kesehatan dan Rahmat Waluyanto sebagai salah satu Komisaris OJK.

Kedua tokoh ini diketahui memiliki kapasitas, integritas, dan profesionalitas yang mumpuni. Pertimbangan itu ditambah dengan jejaring yang kuat nampaknya memberikan pengaruh dipercaya mendapatkan posisi itu.

Seperti diketahui posisi ini sangat strategis dan prestius serta bersentuhan dengan hajat hidup orang banyak di Indonesia. Wajar kalau banyak yang berkeinginan untuk mendapatkan posisi itu. Dan pertimbangan politis cukup dominan. Disamping faktor di atas tetapi juga karena proses pembahasannya di lembaga politis yaitu di lembaga DPR.

Upaya untuk membangun dukungan, menggunakan referensi komunitas tidak dapat dihindari bila diperhatikan keputusan politik selama ini. Tetapi dalam event ini mungkin saja ada, tetapi pertimbangan profesionalitas dan integritas dapat menembus aliran dan referensi komunitas. Kesadaran terhadap nilai itu pada waktunya nanti di Indonesia akan lebih dominan pada waktu mendatang.

Mudah-mudahan kecenderungan itu memang demikian. Cita – cita kebangsaan yang dibangun para pendiri bangsa pada waktu lalu akan mengantar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan modern serta bermartabat. ***

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: