Persahabatan: Masa Depan Bersama

Solo – Selama dua hari–kemarin dan hari ini (Senin dan Selasa)–saya menemani 4 orang aktivis GMKI, yang sedang bersama liburan di Kota Solo.

Sebagaimana umumnya “back-packers”, teman aktivis, yaitu Renhard, Henny, Rendy dan Arnis membawa perlengkapan travelling secara ringkas dan efisien: rangsel, mobile phone, camera, dan perlengkapan. Semua dimuat dalam rangsel yang mobile.

Diceritakan, mereka berangkat dari Jakarta menuju Semarang karena kereta yang menuju ke Yogya ataupun Solo, sudah penuh. Setibanya di Semarang langsung ke Yogya, dan mengunjungi tempat2 “wisata”, yang sudah dirancang sebelumnya.

Selesai di Yogya, perjalanan dilanjutkan ke Solo. Agak mendadak memang, walau sudah diinfokan sebelumnya, tetapi kepastian waktu kedatangan baru didapatkan menjelang tiba di Solo.

Tiba di Solo, dijemput di Stasiun Purwosari dan tinggal di rumah. Walau berbeda periode aktif di GMKI, tidak mengurangi keakraban dan persahabatan sesama “civitas-gerakan”.

Tempat pertama yang kami kunjungi, karena hari sore menjelang malam, adalah kuliner Nasi Liwet “Wong Lemu” di Keprabon. Kami lesehan dan disuguhkan secara tradisional. Tempat ini menjadi favorit bagi “pendatang” yang baru ke Solo.

Besoknya, kami menikmati Nasi Timlo Bu Sastro di Pasar Besar Solo. Ini juga pilihan lain yang selalu dikunjungi wisata kuliner. Pulang, sambil jalan, melewati Keraton Kasunanan dan Pasar Klewer. Tidak lupa Kampoeng Batik di Laweyan, untuk kerajinan batik. Disini juga dibuka outlet penjualan dengan harga murah tetapi bermutu.

Kembali ke rumah, persiapan kembali ke Jakarta dengan naik kereta lagi di Stasiun Purwosari. Kunjungan dan pendampingan teman-teman sangat singkat, hanya satu hari. Karena berburu waktu kerja yang sudah ditinggalkan selama 3 hari. Walau demikian, keakraban dan persahabatan sangat terasa. Rumah yang “berantakan”, tidur beralaskan “tikar” tidak menjadi kendala untuk mengukir dan mengembangkan persahabatan itu. ***

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: