Mengapa: Les Privat (Bimbingan Belajar)

Jakarta – Sistem pendidikan dewasa ini, siswa dituntut belajar mandiri. Waktu belajar di kelas (tatap muka) dengan guru sangat terbatas karena mata pelajaran begitu banyak dan buku pelajaran (silabus) juga sangat tebal. Belum lagi setiap mata pelajaran (referensi) memiliki beberapa buku juga.

Dalam tatap muka, guru hanya memaparkan pokok-pokok silabus. Kemudian mendorong siswa untuk mendalami di rumah dalam bentuk pekerjaan rumah (PR). Tidak jarang siswa mengalami kesulitan untuk mendalami. Ditambah “godaan” nonton TV, game online atau membuka situs jejaring sosial. Siswa mengalami tekanan dan berakhir pada penundaan pengerjaan “PR”. Besoknya sudah menanti pelajaran baru. Begitu seterusnya keadaan bila tidak upaya lain yang dilakukan orang tua.

Orang tua tidak bisa berbuat banyak membantu atau meringankan tekanan demikian. Pekerjaan di kantor menumpuk, waktu tempuh rumah-kantor yang lama; berangkat pagi, pulang malam. Waktu orang tua mendampingi anak belajar tidak cukup. Belum lagi bila pengetahuan orang tua juga pas-pasan. Metoda pengerjaan soal pada waktu dulu sekolah, sekarang beragam dan mengalami perubahan. Karena itu kesulitan dan tekanan kepada anak belajar(siswa) tidak banyak berubah.

Dalam situasi begitu, diperlukan bantuan dari “luar” yang dapat mendampingi anak belajar, sekaligus memberi solusi terhadap soal pelajaran yang tidak dimengerti. PR dan pendalaman materi dapat dikerjakan melalui bantuan ini.

Bantuan ini disebut les privat atau bimbingan belajar (disingkat bimbel/privat). (***)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: