Diakonia PGI: Dalam rangka Bukan Oikumene

Jakarta – Pada bulan Oikumene, yang disepakati dalam bulan lahirnya–25 Mei– Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (dahulu Dewan Gereja di Indonesia), diselenggarakan sejumlah kegiatan. Salah satu diantaranya adalah penyampaian kegiatan oikumene yang difasilitasi oleh PGI, dengan memanfaatkan Siaran Mimbar Agama Kristen di TVRI Stasiun Jakarta.

Tiga kegiatan diakonia yang dipresentasikan dalam siaran itu, yaitu Pelkesi (Persekutuan Pelayanan Kristen Untuk Kesehatan di Indonesia), Yakoma (Yayasan Komunikasi Masyarakat), dan YBO (Yayasan Beasiswa Oikumene). Dalam dialog interaktif ini, bertindak sebagai host atau moderator adalah Pdt Albertinus Patty.

Dari Pelkesi, saya yang mewakili. Saya bercerita profil Pelkesi dan peran PGI dalam proses itu dan model kemitraan yang dibangun dan dikembangkan sekarang ini. Anggota yang berhimpun dalam Pelkesi tidak hanya RS dari gereja yang berafiliasi kedalam PGI, tetapi juga dari afiliasi lain, seperti Bala Keselamatan, Baptis, dan Advent. Saya menyampaikan bahwa Pelkesi adalah the real oikumenical gerejadi Indonesia. Sebab kalau bicara dan bergerak di bidang kemanusiaan dan profesi, tembok dan dinding pemisah seakan bukan masalah lagi, walau identitas tidak menjadi hilang. Bukankah mestinya gereja kita ke depan? (***)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: