Reuni Alumni Kelompok Cipayung Pada Pelantikan Pengurus Pusat Alumni GMNI

Jakarta – Pada pelantikan Pengurus Pusat Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), sekaligus menjadi sarana reuni para aktivis Kelompok Cipayung, yang dahulu dideklarasikan pada tahun 1972 di Cipayung. Kelompok ini terdiri dari 5 organisasi ekstra-kurikuler kemahasiswaan, yaitu HMI, GMNI, PMKRI, PMII dan GMKI.
Saya menghadiri acara itu mewakili Perkumpulan Senior GMKI, bersama dengan Goklas Nababan (Wakil Sekjen).

Suasana acara dipenuhi atribut warna merah, yang memang warna dominan GMNI. Backdrop dengan tulisan (banner) besar dengan foto close-up Bung Soekarno. GMNI mengusung ideologi kebangsaan yang digagas Bung Karno pada era revolusi kemerdekaan. Pekik merdeka 3 kali, dengan tangan mengepal ke atas, selalu mengawali dan mengakhiri sambutan. Ini salah satu ciri sejak dulu dan terus dikumandangkan.

Pada penjelasan sebelum pembacaan dan pelantikan kepengurusan, disebutkan bahwa susunan diupayakan menjaga keseimbangan atmosfer (akomodasi) para alumni di berbagai kegiatan: eksekutif-legislatif, partai politik, daerah (provinsi), dan senioritas.

Dari sisi organisasi, Persatuan Alumni GMNI ini adalah periode kedua, artinya konsolidasi sudah tertata dengan baik, terdiri dari pusat, daerah dan kabupaten. Organisasi alumni lain yang sudah ada terlebih dahulu adalah KAHMI dan telah berkiprah dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sedangkan alumni kelompok Cipayung lain masih pada taraf konsolidasi, termasuk GMKI yang baru dideklarasikan pada bulan November 2010.

Para tokoh alumni, yang dulu aktivis pada kelompok Cipayung ini, dan hadir pada acara ini, antara lain Akbar Tanjung, Taufik Kiemas. Tokoh partai politik Anas Urbaningrum (Ketua Umum Partai Demokrat), tokoh PDIP, dan Golkar. Para Gubernur dan wakil Gubernur, antara lain Awang Faroek (Kalimantan Timur), Syaifullah Yusuf (Wakil Gubernur Jatim) dan Soekarwo (Gubernur Jatim), yang sekaligus menjadi Ketua Umum Persatuan Alumni GMNI. Sekretaris Jenderal adalah Baskoro (anggota DPR RI Fraksi PDIP).

Para alumni GMNI telah menyebar kemana2 di berbagai bidang profesi di republik ini. Tentunya kiprah ini sangat diperlukan dalam menjaga dan merawat Pilar Kebangsaan. Manifesto Politik adalah Rekonstruksi Indonesia: Membangun Kembali Gerakan Nasionalisme, menunjukakan kesetiaan kepada kebangsaan Indonesia.

Ini adalah tantangan bagi Perkumpulan Senior GMKI untuk berkiprah lebih mendalam. Kepeloporan dalam Deklarasi Kelompok Cipayung yang mengusung tema Indonesia Yang Dicita-Citakan, harus diteruskan dalam alumni kelompok ini. Konsolidasi harus segera dilaksanakan menuju Pertemuan Raya Senior pada tahun 2012. (***)

  1. Semoga Cipayung Di Nias juga seperti di Pusat.

    Salam djoeang.

    Marlius
    GmnI Nias

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: