Ciwidey: Pemandangan Alam Menakjubkan

Bandung – Hari ke-3 perjalanan spiritual Natal tahun ini, berkesempatan mengunjungi Ciwidey, daerah wisata perkebunan teh dan kopi. Mendekati wilayah tersebut, di kanan-kiri jalan, terlihat pemandangan yang hijau: perkebunan teh dan strawberry. Di beberapa rumah dituliskan “strawaberry petik sendiri”. Tetapi rupanya tidak hanya itu, didapati lagi tempat pemandangan alam yang menakjubkan. Perjalanan terus mendaki, akhirnya sampai ke tempat yang disebut “Kawah Putih”. Kelihatannya tempat ini baru saja di renovasi sebagai tujuan wisata. Hamparan luas “danau-lumpur” berwarna hijau keputihan. Pengunjung luar biasa banyak.

Tempat ini sangat dikeramatkan penduduk setempat, sebelum ditemukan oleh ahli dari Jerman Dr. Franz. Masyarakat meyakini, kawah ini dihuni oleh roh halus dan tempat pemakaman para leluhur.

Hawa dingin menusuk, apalagi bertepatan dengan hujan, menjadikan tubuh menggigil. Pemandangan sangat terbatas karena awan putih. Bau belerang menyengat. Karena itu di daerah ini dikembangkan pabrik belerang.

Perjalanan berikutnya ke daerah Cimanggu. Tempat ini adalah pemandian air panas, sama seperti di Sari Ater. Banyak pengunjung berendam: pria-perempuan; anak-orang tua. Walau daerah ini belum ditata dengan baik, tetapi tidak mengurangi minat berkunjung. Bayaran masuk tidak begitu mahal. Cukup memadai untuk kunjungan keluarga yang berjumlah banyak: murah-meriah.

Kembali ke Bandung, mampir sebentar ke Cibaduyut, pusat kerajinan kulit. Disini ditemui berbagai merk dan model sepadu dan tas. Bahkan di label dituliskan berbagai merk terkenal seperti Monc Black, Louis Vitton, dan lain-lain, tetapi jangan salah, itu hanya tiruan.

Kalau Lembang, Tangkuban Perahu, Ciater (Sari Ater) di daerah Barat-Utara, Ciwidey adalah daerah Selatan (Kabupaten Bandung). Daerah Bandung memang menyuguhkan wisata alam yang sejuk dan pegunungan dan pemandian air panas. Pohon yang menjulang tinggi, di dapatkan di daerah ini. Tawaran lain yang ditawarkan masyarakat disana adalah outbond, arum-jeram, flying-fox, dan wisata hutan (***)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: