Bila Fungsi dan Peran Tumpang Tindih

Jakarta – Forum komunikasi atau jejaring, seperti perhimpunan, asosiasi, perserikatan, dimaksudkan sebagai sarana komunikasi, koordinasi dan berbagi (sharing) dari individu atau lembaga yang bergerak di bidang yang sama. Bidang dimaksud, seperti misi, prinsip, nilai atau karena memiliki keterbatasan seperti jarak, sumber daya, diperlukan sarana bersama untuk menutupi keterbatasan itu.

Misalkan, satu atau dua lembaga berada (kantor/sekretariat) dan area pelayanan juga di daerah, tetapi membutuhkan dokumen kebijakan atau peraturan, informasi terbaru pada aras nasional, tentang kegiatan layanan yang dilaksanakan, dan pengembangan kapasitas untuk mendukung manajamen dan pelaksana di lapangan. Hal-hal ini merupakan kebutuhan bersama. Karena itu forum komunikasi ini dibentuk, baik pada aras naional, provinsi maupun kabupaten/kota.

Forum ini dibentuk bersama, dan karena itu operasional didukung bersama juga, seperti anggaran, peralatan kantor (administrasi), bahkan personil (menjadi pengurus dan pelaksana). Untuk menjaga agar forum ini berjalan efektif dan efisien, disepakati “aturan main” sebagai acuan bersama.

Persoalannya adalah bila salah satu lembaga juga melaksanakan fungsi dan peran tersebut. Atau salah seorang pengurus di forum itu adalah representasi lembaga yang melakukan fungsi dan peran itu. Nampaknya konflik kepentingan, bahkan “persaingan” bukan tidak mungkin akan terjadi. Karena resources dan jaringan untuk kegiatan lembaga itu adalah sama.

Bisa saja alasan terhadap hal itu, bidang yang dihadapi cukup besar dan menantang; tidak mungkin bisa ditangani oleh forum tersebut, atau kapasitas forum atau personil forum yang tidak peka (kapasitas manajamen) dan forumnya sendiri (kapasitas organisasi) terbatas. Tetapi tentu saja hal-hal menyebabkan tumpang-tindih fungsi dan peran, bahkan juga sumber daya. Tidak jarang terjadi konflik kepentingan; persaingan serta in-efisiensi

Ketidak-jelasan fungsi pengambil kebijakan, pelaksana dan advisor sangat tidak baik bagi forum atau asosiasi. (***)

  1. Sebuah blog yang inspirational !

    Sekali2 Main2 ke lapak ane ya bos..herumuzaki.blogspot.com..hehe..

  2. Thanks ya. Pasti kita kunjungi. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk berbagi untuk pengembangan.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: