Not Well-informed Menjadi Hambatan

Jakarta – Salah satu hambatan terhadap layanan publik di Indonesia adalah informasi yang kurang atau tidak lengkap (not well-informed). Layanan publik yang biasa dijumpai–seperti rumahsakit, instansi pemerintah, prasarana jalan, telepon, dll.–sulit diakses dengan baik karena petunjuk (info) yang kurang jelas, baik karena rusak, tulisan buram, tertutupi dedaunan atau ranting pohon, maupun yang tidak terpikirkan.

Kita harus menghabiskan waktu dan tenaga, tanya sana-sini, yang belum tentu tepat. Yang biasa tinggal disitu, memperkirqkan 5-10 menit tiba tempat yang dicari, bisa-bisa melebihi perkiraan. Belum lagi kondisi jalanan kurang baik ataupun kemacetan, semakin menambah deretan keluhan mencapai tempat yang dituju.

Nama atau petunjuk jalan sebagian tidak informatif, letak yang tidak cepat ditangkap mata, dan tertutup dedaunan cukup merepotkan bagi pendatang atau baru pertama melalui jalan itu. Bukan cerita lucu bila tersesat, atau mutar-mutar untuk mendapatkan alamat atau tempat tertentu.

Hal-hal ini adalah bagian dari lemahnya visi dan misi serta nilai (value) pemerintah terhadap layanan publik. Bila visi-misi itu diarahkan kepada nilai kenyamanan dan keamanan publik, maka sumber daya pemerintah difokuskan kesitu. Pembangunan tidak hanya mendasarkan anggaran proyek, tetapi sudah diproyeksikan pada APBN (D). Karena itu tidak ada, pembangunan sarana dan prasarana publik hanya tambal-sulam, atau tumpang-tindih dengan sektor-sektor lain. Lihat misalnyaa pembangunan atau perbaikan jalan, walau sudah bagus, beberapa waktu kemudian, ada galian kabel telepon, setelah itu instalasi air. Pada akhirnya jalan yang bagus itu, menjadi rusak. (***)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: