Keputusan PTUN Yang Membingungkan

Jakarta – Gugatan 14 orang, yang mengikuti ujian seleksi CPNS Nias Barat, dikabulkan sebagian Majelis Hakim PTUN Medan, Sumatera Utara. Hanya saja amar putusan cukup membingungkan. Para pihak berperkara mengklaim kemenangan.

Dalam amar putusan menyebutkan pembatalan SK Bupati tentang peserta ujian seleksi CPNS, sepanjang 14 orang (penggugat). Polemiknya adalah pengertian “sepanjang”. Pihak tergugat menafsirkan kata ini, yaitu semua peserta ujian lulus sebagaimana keputusan Bupati, kecuali yang 14 orang. Pengecualian itu dimaksudkan dimintakan klarifikasi kepada Politeknik UI yang memeriksa ujian tersebut. Sedangkan pihak penggugat menafsirkan bahwa ke-14 orang inilah yang lulus dari keputusan Bupati itu, sedangkan yang lain gagal.


Keputusan Bupati tentang pengumuman CPNS itu mengundang kontroversi bagi masyarakat. Ada 72 orang yang nama dan nomornya bermasalah, artinya nama ada, tetapi nomor ujiannya tidak sama. Demikian sebaliknya. Patokan yang digunakan Bupati adalah nama. Kontroversi ini menimbulkan ketidak-pastian, bahkan merembes ke bidang lain (politik), isu dan fitnah. Isu korupsi sangat kuat berembus, dan ujungnya ke politik. Maklum, sebentar lagi akan diselenggarakan Pilkada Nias Barat. Pelaksana Tugas sekarang ini menjadi calon incumbent.

Amar putusan seperti cukup merepotkan bagi kaum awam hukum. Padahal katanya keputusan hukum (pengadilan) harus mengandung kepastian hukum dan keadilan bagi masyarakat. Pilihan solusi terhadap hal ini adalah banding ke tingkat lebih tinggi untuk mendapatkan kepastian atau penyelesaian secara “politik”, yaitu semua para calon harus diakomodasi, walaupun tidak bersamaan. Kearifan semua pihak menanti terhadap solusi terakhir ini. Bila tidak segera didapatkan solusi energi Pemda dan masyarakat terbagi untuk menanggapi persoalan ini, yang mestinya difokuskan kepada akselarasi pengembangan daerah pemekaran “baru” ini. (***)

    • Rio
    • July 12th, 2010

    bagus di batalkan ja dulu semua hasil keputusan Bupatunya.
    Lalu di bentuk tem independen yang mengecek hasil yg murni gari Politeknik Jakarta atau lembaga yang dipercaya pembuat soal tersebut.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: