Lembang, Tangkuban Perahu dan Ciater: Daerah Wisata Pupuler di Bandung

Bandung – Tiga daerah kunjungan wisata di sekitar Bandung, antara lain dikunjungi pada liburan Natal tahun ini, yaitu Lembang, Tangkuban Perahu dan Ciater. Ketiga daerah ini sudah lama diketahui. Sekian kali acara (pergi) ke Bandung, baru sekarang terealisasi.

Persiapan awal keberangkatan dilakukan dengan mengumpulkan sebanyak mungkin informasi daerah itu (dan juga tempat lain) dan bagaimana cara tiba, khususnya petunjuk jalan. Hampir semua kawan2 dari Bandung di Jakarta mewanti2 kemacetan. Karena itu memberikan advis cara yang cepat tiba.Bekal informasi itu dan BB maps, cukup efektif mengantar tiba di lokasi. Daerah pertama yang dikunjungi adalah Lembang. Tempat ini dikenal dengan Observatorium Bosscha untuk meneropong dan melihat bintang dan planet. Sayang tidak kesampaian karena tanggal 24 Des ditutup, karyawan liburan akhir tahun.

Perjalanan dilanjutkan ke Gunung Tangkuban Perahu. Tempat ini dikenali dengan kawah gunung, yang mengandung belerang dan sejuk. Disamping mitos tentang Sangkuriang dan Dayang Sumbi menjadikan tempat ini populer. Hawa dingin dan kabut, ditambah hujan rintik2, menyambut para pengunjung. Kawah menganga dan sangat lebar. Dinding bebatuan kasar, berwarna hitam mengelilingi. Bila kabut tidak terlalu tebal, dapat dilihat air di dasar kawah.

Tidak begitu lama di tempat ini, perjalanan dilanjutkan ke Ciater. Sayang tidak kesampaian juga karena disambut hujan deras. Padahal maksud mengunjungi tempat ini adalah melihat sumber air panas dan bila memungkinkan mandi atau berendam air panas.

Baru keesokan harinya, keinginan itu kesampaian. Menuju ke tempat ini sebenarnya satu jalan ke Lembang dan Tangkuban Baru. Disinilah perjuangan melewati kemacetan terjadi karena berangkat kesiangan. Kendaraan sangat padat, dan berjalan sangat lamban.

Supaya perjalanan yang dituju efektif, juga menyempatkan diri mengunjungi Kampung Gajah. Mengunjungi tempat memberikan daya-tarik, tadinya. Dalam benak, ketika kawan2 dari Bandung menyarankan kesitu adalah seperti di Way Kambas, Lampung; dikenal dengan koloni gajah, tetapi rupanya tidak, yang ada hanya patung gajah di sepanjang pintu masuk. Gerombolon gajah yang dibayangkan tidak ada. Namanya saja Kampung Gajah, tetapi didalamnya arena permainan dan tempat menjajakan makanan serta perkebunan strawberry. Disitu ditawarkan pemetikan buah langsung, dan makan di tempat.

Di Ciater tiba sore agak gelap. Di pintu masuk sudah diberi pengumuman hal-hal yang harus diperhatikan bila memasuki area hot spiring agar pengunjung aman dan nyaman. Masuk ke dalam, pengunjung begitu banyak–anak dan dewasa; pria dan perempuan; para remaja berendam. Berbagai macam gaya dilakukan: ada yang hanya merendam kaki sambil duduk di bebatuan, tidur terlentang sambil menikmati panasnya air. Sebagian lagi mandi seperti di pancuran atau berenang sekalian. Memang relief ditata dengan baik, yang memungkinkan para pengunjung menikmati pemandian ini. Karena diyakini air panas bercampur belerang dapat menyehatkan dan menyegarkan.

Walau demikian, tetap saja menyisakan ketidak-nyamanan karena pengunjung begitu banyak (mungkin karena liburan), tempat penunggu lounge terbatas dan juga penitipan barang tidak ada. Niat untuk mandi tidak jadi akhirnya.

Terlepas dari itu semua kekuarangan, kunjungan ke tempat-tempat ini cukup memadai melepaskan diri dari kesibukan sehari, dan mencari suasana baru, termasuk pengalaman spiritual menikmati anugerah ciptaan Allah yang penuh kasih. Mestinya kita bangga karena Tuhan mengaruniakan kekayaan yang begitu besar bagi bangsa Indonesia. (***)

About these ads
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 393 other followers

%d bloggers like this: